Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Mereformasi Penerimaan Bintara dan Tantama

Kompas.com - 21/07/2012, 20:02 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mulai tahun ini mereformasi diri, di bidang penerimaan calon bintara prajurit karya dan tantama prajurit karya. Setiap pelamar cukup mendaftar di situs khusus penerimaan yakni http://rekrutmen-tni.ilmci.com.

Setelah mendaftar secara online, para calon kemudian menunjukkan bukti pendaftaran bersama sejumlah persyaratan. Penyerahan berkas selanjutnya ke panitia ini pun tidak melibatkan orangtua, wakil calon, calo, atau perantara mana pun.

Pendaftaran benar benar dilakukan secara transparan, jujur, dan tidak ada puingutan atau permintaan jenis barang apa pun.

Pihak orangtua yang mendorong putra dan putrinya menjadi calon TNI, merasa senang dan bangga atas reformasi yang terus dilakukan TNI. Salah satu calon bintara prajurit karya dari Kupang, Sabtu (21/7/2012) mengatakan, dirinya pernah melamar menjadi calon pelindung masyarakat di institusi lain tahun 2011, tetapi prosedurnya berbeda.

"Dulu lamaran ke institusi itu diserahkan langsung ke panitia. Di sana banyak orang mengakui diri sebagai panitia, dan berjanji meloloskan calon, jika menyerahkan uang antara Rp 50 juta - Rp 120 juta. Tahap pertama Rp 10 juta, dan seterusnya tergantung kesepakatan," katanya.

Ia menyebutkan, sejak ikut proses pendftaran calon TNI pada 9 Juli 2012, tidak ada orang yang menelpon atau menghubunginya minta bertemu atau berjanji meloloskannya, jika menyediakan sejumlah imbalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com