Kompas.com - 20/07/2012, 14:24 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi adanya titik-titik kemacetan baru yang terjadi selama bulan Ramadhan tahun ini. Titik-titik kemacetan baru itu terjadi karena ada lokasi yang dijadikan pasar tumpah.

"Ada penambahan lokasi kemacetan akibat pasar tumpah. Pasar tumpah ini biasa ada menjelang buka puasa, jualan takjilan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Dwi Sigit Nurmantyas, Jumat (20/7/2012), di Mapolda Metro Jaya.

Dia mengatakan, pasar-pasar tumpah itu kerap menggunakan badan jalan sehingga mengambat arus lalu lintas di sekitarnya. Berdasarkan catatan Ditlantas Polda Metro Jaya, ada 12 lokasi rawan pasar tumpah yang utamanya tersebar di Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan.

Di Jakarta Timur terdapat tiga lokasi pasar tumpah, yakni di Pasar Gembrong, Pasar Kramat Jati, dan di depan Stasiun Jatinegara. Di Jakarta Barat, lokasi pasar tumpah terpusat di Jalan Panjang, Kebon Jeruk. Di Jakarta Pusat, pasar tumpah terdapat di Benhil traffic light Tanah Abang, Jiung Kemayoran, Simpang Lima arah Lifoli, Pasar Genjing, dan Pasar Tanah Abang.

Di Jakarta Selatan, ada tiga lokasi pasar tumpah yakni di Pasar Cipulir, Pasar Minggu, dan Pasar Pondok Labu.

"Pasar tumpah sebenarnya diperbolehkan asal tidak memakan badan jalan. Polisi akan mendatangi sebelum pedagang datang, petugas sudah stand by di situ supaya pedagang tidak masuk badan jalan," tutur Sigit.

Masyarakat, lanjutnya, juga diminta untuk menghindari lokasi-lokasi tersebut. Sementara bagi masyarakat yang hendak berbelanja, diminta untuk tidak parkir di sembarang tempat sehingga mengganggu kelancaran lalu lintas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.