Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar AS Turun, Harga Emas Menanjak

Kompas.com - 19/07/2012, 11:50 WIB

MELBOURNE, KOMPAS.com - Untuk kali pertama di sepanjang pekan ini, harga emas dunia mencatatkan kenaikan. Pada pukul 12.02 waktu Singapura, harga kontrak emas untuk pengantaran cepat naik sebesar 0,4 persen menjadi 1.580,15 dollar AS per troy ounce. Sementara, harga kontrak emas untuk pengantaran Agustus naik 0,6 prsen menjadi 1.579,80 dollar AS per troy ounce. 

Kenaikan harga emas hari ini (19/7/2012) terjadi seiring pelemahan dollar AS sebelum dirilisnya data yang menunjukkan klaim pengajuan pengangguran AS pada pekan lalu melonjak. Catatan saja, Dollar Index turun sebesar 0,2 persen. 

Kondisi itu diprediksi akan mendorong the Federal Reserve untuk menambah stimulusnya ke sistem finansial. Berdasarkan hasil survei Bloomberg, tingkat pengajuan klaim pengangguran di sepanjang pekan yang berakhir 14 Juli akan naik menjadi 365.000 dari 350.000 pada pekan sebelumnya. 

"Pelaku di pasar emas saat ini memperhatikan pergerakan dollar AS. Masih ada permintaan emas saat ini meskipun masih rendah," jelas Jonathan Barratt, chief executive officer Barratt's Bulletin di Sydney. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com