Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Bunga Tomohon Dongkrak Kunjungan Turis

Kompas.com - 19/07/2012, 07:39 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival bunga di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, mampu menarik kunjungan wisatawan. Ajang yang bertajuk "Tomohon International Flower Festival (TIFF)" tersebut tak hanya menyerap turis asing, tetapi juga turis domestik. Hal tersebut dapat dilihat dari data kenaikan wisatawan.

"Festival ini dapat berdampak pada arus kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara ke Tomohon," kata Wali Kota Tomohon, Jimmy F. Eman pada saat peluncuran TIFF 2012 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (18/7/2012) malam.

Festival tersebut pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008 dan masih berskala nasional. Saat itu, festival dikunjungi oleh 20 ribu orang. Sementara di tahun 2010, festival menjadi berskala internasional dan mengalami peningkatan kunjungan hingga mencapai 25 ribu orang.

Jimmy menuturkan Tournament of Flower atau parade bunga kendaraan hias mampu mempengaruhi angka kunjungan wisman maupun wisnus. Menurutnya terjadi peningkatan sebesar 40 persen untuk wisman dan 59 untuk wisnus di tahun 2010 dibandingka tahun 2008.

Ia berharap festival tersebut dapat mengangkat Tomohon ke tingkat internasional dan semakin banyak yang mengunjungi kota bunga tersebut.

Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar dalam kesempatan yang sama menuturkan bahwa festival bunga Tomohon seperti cucunya festival serupa di Pasadena, Amerika Serikat. "Festival ini bisa menjadi ikonnya Tomohon," katanya.

Selain itu, festival bunga juga bisa menjadi stimulan pariwisata di Tomohon termasuk pengembangan hotel di kota tersebut. Sebab, Tomohon belum memiliki hotel berbintang. Wisatawan, lanjut Sapta, akhirnya harus menginap di Kota Manado.

TIFF 2012 akan berlangsung pada 8-12 Agustus 2012. Di festival tersebut, pengunjung dapat melihat parade kendaraan hias dalam Tournament of Flower, kontes Ratu Bunga, pameran produk, serta festival seni dan budaya.

TIFF sendiri merupakan ajang dua tahunan. Di tahun 2010, acara ini diikuti 82 peserta dari negara Malaysia, Vietnam, India, dan Rusia. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com