Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalbar Pegang Peran Strategis Konservasi

Kompas.com - 18/07/2012, 13:59 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Provinsi Kalimantan Barat memegang peranan penting dalam kawasan Heart of Borneo (HoB), yakni kawasan konservasi di Pulau Kalimantan. Pembangunan harus terus didorong dengan memerhatikan keberlanjutan lingkungan.

Demikian salah satu pokok pemikiran CEO WWF-Indonesia, Dr Efransjah, di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Rabu (18/7/2012).

"Pembangunan ekonomi Indonesia seperti tercantum dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia, perlu didorong agar sesuai prinsip keberlanjutan," kata Efransjah.

Efransjah mengatakan, prinsip keberlanjutan adalah pemerataan dan keseimbangan antara sektor ekonomi, sosial serta lingkungan. "Itu dapat dicapai pengurangan emisi dan konsumsi, penggunaan energi terbarukan, meningkatkan konservasi, penghematan energi dan berbagi teknologi," ujarnya.

Selain kuliah umum, WWF Indonesia juga menyerahkan donasi dari Sabre Foundation Inc yang berbasis di Amerika Serikat yakni 7.581 buku.

Rektor Untan Prof Dr Thamrin Usman DEA, mengatakan, buku-buku itu langsung dibuatkan katalognya. "Buku-buku itu akan melengkapi koleksi perpustakaan Untan," kata Thamrin.a)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com