Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawa Timur Juara Umum Olimpiade Siswa

Kompas.com - 17/07/2012, 13:18 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Tim olimpiade siswa asal Jawa Timur berhasil keluar sebagai juara umum dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang berlangsung di Pontianak. Tropi tertinggi dan piala bergilir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun diboyong ke Kantor Dinas Pendidikan Jawa Timur, di Gengtengkali. Sebelumnya, Jawa Timur juga menjadi juara dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).
 
"Kita tinggal menunggu juara umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang saat ini sedang dilangsungkan. Tapi kami yakin, kita akan kembali juara umum mengingat bertahun-tahun kita selalu berprestasi di OSN," kata Kepala Dinas Pendidikan Jatim Harun, Selasa (17/7/2012).

Harun optimistis, OSN yang selama ini menjadi andalan dan tradisi emas makin mengantarkan Jatim menjadi barometer prestasi pelajar seluruh Indonesia.

"Ini parameter prestasi siswa secara nasional. Mau olahraga, seni, sampai akademik ada di olimpiade siswa. Kita berhasil juara umum. Mau dari mana lagi," katanya.

Ajang tahunan O2SN tahun ini mengantarkan tim siswa Jatim menjadi juara umum dengan meraih 19 emas, 16 perak, dan 21 perunggu, yang berasal dari berbagai cabang olahraga.

"Ini prestasi luar biasa. Semua berkat kerja optimal Dinas Pendidikan seluruh kabupaten dan kota di Jatim. Kami bangga," ujar Harun.

Raihan prestasi ini meningkat lebih baik dibanding tahun lalu. Meski sebagai tuan rumah pada tahun 2011, tim Jawa Timur bahkan sulit untuk masuk peringkat tiga besar. Selain Jatim, Jawa Tengah juga menjadi juara umum karena mendapatkan jumlah medali yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com