Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yogyakarta Masih Menjadi Tujuan Wisatawan

Kompas.com - 16/07/2012, 18:48 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sampai kini masih menjadi tujuan kunjungan wisatawan, baik dari mancanegara maupun nusantara. "Meskipun banyak daerah tujuan wisata yang menarik di Indonesia, Yogyakarta tetap masih menjadi tempat paling favorit bagi kunjungan wisatawan. Yogyakarta memiliki banyak keunggulan dibandingkan destinasi wisata lain di negeri ini," kata Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta, Widi Utamingsih di Yogyakarta, Senin (16/7/2012).

Menurut Widi, potensi wisata di DIY cukup beragam dan tidak kalah dengan daerah lain. Hanya saja promosi wisata DIY harus dibenahi oleh para pemangku kepentingan pariwisata di daerah ini.

"Daerah tujuan wisata lain di negeri ini berlomba-lomba mempromosikan potensi wisatanya. Jika DIY kurang dalam mempromosikan potensi wisatanya, dikhawatirkan peluang kunjungan wisatawan akan berkurang," kata Widi.

Sejumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke DIY mengaku kagum dengan potensi pariwisata Yogyakarta. Mereka mengatakan bahwa obyek wisata daerah ini tidak hanya Keraton Ngayogyakarto, Candi Prambanan, dan Malioboro, tetapi ternyata masih banyak obyek wisata lain yang menarik dikunjungi, termasuk pusat kerajinan tradisional.

Widi memaparkan, alasan kenyamanan dan keamanan yang kondusif serta obyek wisata yang beragam memang menjadi alasan wisatawan memilih Yogyakarta sebagai tujuan kunjungan mereka.

Selain itu, ada beberapa alasan lain, yaitu biaya hidup dan harga cendera mata yang murah serta lingkungan budaya lokal yang masih kental dan mengakar dalam kehidupan masyarakat di daerah ini. "Semua potensi tersebut hendaknya tetap terjaga dan lestari sehingga diharapkan mampu untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah ini," kata Widi Utaminingsih. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com