Kompas.com - 16/07/2012, 14:31 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com- Tol E1 Semper-Rorotan tak hanya akan disambung ke Tol E2 Cilincing, tetapi jg akan disambung ke Cibitung dalam proyek Tol Cilincing-Cibitung. Proyek pembangunan Tol Cilincing-Cibitung ini ditargetkan akan dilaksanakan pada Desember 2012.

Di sela sosialisasi pembangunan Tol Cilincing-Cibitung di Kelurahan Marunda, Senin (16/7/2012), Sekretaris Kota Jakarta Utara Tri Kurniadi mengatakan, saat ini sedang dilaksanakan sosialisasi proyek pembangunan kepada warga yang kemungkinan lahan atau rumahnuya digusur untuk pembangunan proyek itu.

Setidaknya, dibutuhkan areal selebar 40 meter dari bahu jalan dengan panjang 3 kilometer. "Ini baru pengenalan proyek. Jadi belum ada pembicaraan luas lahan yang akan dibebaskan, dan harga untuk pembebasan lahan," jelas Tri Kurniadi.

Menurut Tri, proyek pembangunan jalan tol ini sepenuhnya dibiayai Kementerian Pekerjaan Umum, termasuk untuk biaya pembebasan lahan. Pemerintah Kota Jakarta Utara hanya membantu memfasilitasi Kementeriaan PU untuk bertemu dengan warga.

Menurut salah seorang warga, Waryono (28), pihaknya berharap pemerintah bisa memberikan harga pembebasan lahan yang adil. Sementara ini, nilai jual obyek pajak (NJOP) di kawasan Cilincing berkisar Rp 700.000 sampai Rp 1,5 juta per meter persegi.

"Saya sendiri juga belum tahu, apakah rumah saya kena pembebasan lahan atau tidak. Makanya mengikuti sosialisasi ini," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.