Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Layang-layang Hiasi Langit Padang Galak

Kompas.com - 13/07/2012, 16:01 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Sebanyak 1.216 layangan ikut memeriahkan festival layang-layang tahunan di Pantai Padang Galak, Denpasar, Bali, yang dibuka Jumat (13/07/2012) siang tadi. Festival layang-layang yang akan berlangsung selama tiga hari ini melombakan sejumlah kategori, di antaranya layangan tradisional dan kreasi.

Dalam perlombaan hari pertama, lebih dari 100 layangan tradisional jenis bebean, janggan, dan cucukan menampilkan kebolehannya menari di udara. Seperti tahun-tahun sebelumnya, perlombaan layang-layang bebean atau layang-layang raksasa sejenis ikan ini berlangsung seru. Layang-layang berukuran 8 x 5 meter ini harus ditarik minimal lima pria dewasa dengan tali senar yang diameter tebalnya mencapai 0,4 sentimeter.

Yang menarik, sejumlah layang-layang sempat tersangkut karena jumlah yang terlalu banyak di lokasi yang terbatas. "Sering terjadi bandungan (beradu) dengan yang lain, tetapi tidak sampai ada perkelahian," ujar salah seorang juri lomba layang-layang, I Nyoman Wirna, kepada Kompas.com di sela lomba.

Untuk festival layang-layang tahun ini, hampir seluruh peserta berasal dari lima kabupaten/kota di Bali, yakni Denpasar, Gianyar, Badung, Tabanan, dan Klungkung. Selain warga lokal, festival layang-layang ini juga banyak disaksikan wisatawan asing yang sedang berlibur di Bali.

"Acara seperti ini sangat bagus, di negara saya juga ada, tetapi berbeda layang-layangnya," kata Cristopher, wisatawan asal Perancis yang membawa keluarganya untuk menonton festival layang-layang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com