Kompas.com - 12/07/2012, 15:57 WIB
|
EditorFarid Assifa

KEDIRI, KOMPAS.com - Sebuah bengkel motor di Jalan Dworowati, Kelurahan Mrican, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (12/7/2012) siang, meledak. Ledakan tersebut diduga kuat berasal dari bocornya gas elpiji tabung tiga kilogram.

Tidak ada korban luka maupun korban jiwa akibat kejadian itu. Hanya saja, bengkel spesialis center body seluas 5x10 meter milik Adam (40), warga setempat, itu mengalami kerusakan lumayan parah. Bagian dalam bangunan beserta onderdil motor hancur, serta beberapa bagian atap yang terbuat dari genting ambrol.

Adam menuturkan, kejadian bermula saat salah satu karyawannya menyalakan kompor elpiji hendak membuat kopi di dapur yang terletak di bagian belakang bengkel. Belum juga air mendidih, tiba-tiba terdengar suara desis dari gas yang bocor.

Khawatir terjadi sesuatu, karyawannya itu kemudian berteriak memanggilnya. Ia yang berada di halaman depan bengkel sempat mengeceknya lalu kembali berlari keluar untuk mencari pasir guna meredam desisan. Belum sempat ia mendapatkan pasir, ledakan keras sudah terjadi.

"Saya tadi mau ambil pasir tapi elpijinya keburu meledak," kata Adam usai kejadian.

Ia dan warga sekitar kemudian berupaya secara swadaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Usaha mereka berhasil, dan tidak lama kemudian api dapat dipadamkan sebelum menjalar ke rumah warga lain.

"Tadi itu sebelahnya elpiji ada tangki motor milik pelanggan, belum sempat dikuras bensinnya," kata Adam menduga penyebab kencangnya ledakan. Sementara itu, satu unit pemadam kebakaran sempat datang ke lokasi kejadian. Polisi yang datang kemudian melakukan identifikasi asal ledakan yang terdengar hingga radius satu kilometer itu. Sementara akibat kejadian itu, kerugian materil yang diderita korban mencapai Rp 25 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.