Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Mahasiswa Unissula Kembali Diperiksa Polisi

Kompas.com - 10/07/2012, 21:32 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Empat mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang kembali diperiksa pihak kepolisian terkait pemalsuan ijazah, Selasa (10/7/2012). Mereka diperiksa oleh tim penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polrestabes Semarang.

Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Augustinus Berlianto Pangaribuan mengatakan, pemeriksaan bertujuan untuk melakukan cross check terhadap pengakuan tersangka Dwi Hartono alias Ferry. Pertanyaan yang diberikan terhadap para saksi, ungkapnya, terkait proses mereka mengikuti tes masuk penerimaan mahasiswa baru pada 2010 dengan menggunakan ijazah palsu dan joki.

"Pemeriksaan sekitar satu jam, pengakuan para mahasiswa ini sangat penting untuk membongkar praktik pemalsuan ijazah dan perjokian yang dilakukan untuk masuk kuliah," katanya.

Seperti diketahui, empat mahasiswa tersebut menggunakan jasa Ferry untuk memalsukan ijazah dan nilai guna masuk di FK Unissula. Sebelumnya, keempat mahasiswa pernah diperiksa tetapi memberikan keterangan yang berbeda. Karena itu, penyidik kembali melakukan pemeriksaan terhadap keempat mahasiswa yang masih berstatus sebagai saksi.

Kasus ini muncul dari laporan Dekan FK Unissula Taufiqurrachman (57) yang melaporkan mahasiswanya dengan dugaan melakukan pemalsuan data dan nilai. Ferry sebagai pelaku mengaku sudah melakukan aksinya sejak 2006. Hal itu dilakukan melalui sebuah lembaga bimbingan belajar dengan tarif masuk Rp 50 juta hingga hampir Rp 1 miliar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com