Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merawat Indonesia di "Las Palmas"

Kompas.com - 10/07/2012, 03:20 WIB

Oleh Karel A Polakitan

KOMPAS.com — Miangas yang merujuk pada sebuah pulau di Kecamatan Miangas, Kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, oleh sebagian orang Filipina dan penduduk setempat, sering disebut "Las Palmas" atau "Pulau Kelapa".

Penamaan Pulau Miangas bisa saja disebut sebagai "Las Palmas" karena dari sejarah panjangnya pulau ini pernah diklaim masuk dalam wilayah Filipina, yang berujung di meja perundingan dan putusan Mahkamah Internasional.

Ada juga yang menyebut pulau terluar Provinsi Sulawesi Utara yang berbatasan dekat dengan Filipina ini dengan nama "Po Llaten" karena tampak seperti ada cahaya di kejauhan.

Sumber lainnya bahkan mengartikan Miangas sebagai 'menangis' atau 'kasihan' karena posisi pulau ini agak jauh dari ibu kota kabupaten dan harus ditempuh beberapa jam menggunakan kapal perintis atau Pelni, bahkan kapal ikan sejenis pamboat.

Itu pun harus melalui lautan luas dan tingginya gelombang Samudra Pasifik yang kadang berkecamuk hingga empat meter.

Meski terdapat beragam versi penamaan, satu hal pasti yang tetap diajarkan turun-temurun adalah pulau ini menjadi bukti kehormatan dan harga diri Indonesia yang tetap dipertahankan dari klaim-klaim kepemilikan negara tetangga.

Pulau Miangas tak salah disebut "Las Palmas" atau "Pulau Kelapa". Di atas tanahnya yang bertekstur padat berbatu, tumbuh lebat pohon kelapa yang hampir menutupi seluruh luas daratan sekira 2,39 kilometer persegi.

Kekayaan alam yang melimpah di pulau yang bila dilihat dari kejauhan berbentuk seperti kapal besar mengapung itu sejak dulu sudah menjadi daya tarik magis bangsa Sulu Filipina atau bangsa lainnya, Belanda atau Portugis.

Ketertarikan bangsa lain bahkan harus berujung pada peperangan melawan masyarakat asli Pulau Miangas yang masih kental dengan adat istiadatnya.

Dari sejarahnya, perlawanan masyarakat Pulau Miangas dengan bangsa Sulu terjadi beberapa kali dan harus berakhir dengan pertumpahan darah. "Ini sebagai tanda penghormatan terhadap tanah lelulur yang tidak mau dirampas," kata tokoh adat Pulau Miangas, Robustianus Papea, Mangkubumi II.

Meskipun tidak ingat lagi kapan terjadinya peperangan dengan bangsa Sulu, Robustianus mengatakan, peperangan pertama pecah setelah dua belas perahu penuh prajurit Sulu harus berhadapan dengan 25 kstaria gagah berani pulau itu.

Menurut dia, bangsa Sulu yang bersenjata tombak dan panah harus berhadapan dengan kstaria yang hanya mengandalkan fisik. Pertempuran di Tanjung Bora pecah dan saling kejar-kejaran hingga ke Gunung Keramat, lokasi yang menjadi tempat berdirinya "Mercu Suar".

"Panglima perangnya adalah Opa Are, tua-tua adat waktu itu. Dia juga gugur bersama dengan kstaria pulau itu," kata dia.

Merawat Indonesia di Pulau Miangas atau Las Palmas juga pernah terjadi pada masa pemerintahan Raja Santiago dari Manganitu (wilayah ini sekarang masuk Kabupaten Sangihe) yang memimpin sekira tahun 1670-1675.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com