Manoppo Menjadi Tersangka

Kompas.com - 05/07/2012, 05:29 WIB
Editor

Semarang, Kompas - Mantan Wali Kota Salatiga John Manoppo menjadi tersangka atas kasus dugaan korupsi proyek pembangunan jalan lingkar selatan (JLS) Salatiga, Jawa Tengah. Kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 12,23 miliar karena Manoppo diduga melakukan penunjukan langsung proyek senilai Rp 49,6 miliar.

Ini adalah kali kedua Manoppo menjadi tersangka atas kasus dugaan korupsi setelah sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Kota Salatiga oleh Polres Salatiga. Kasus itu mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 224 juta.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Kepolisian Daerah Jateng Komisaris Besar Firli Bahuri, Rabu (4/7), di Kota Semarang, mengatakan, penetapan Manoppo sebagai tersangka sudah dilakukan satu bulan lalu.

Penunjukan langsung

Manoppo ditetapkan sebagai tersangka setelah penyidik memperoleh bukti-bukti atas keterlibatannya dalam proyek JLS ketika menjabat sebagai Wali Kota Salatiga pada 2008. John diduga melakukan penunjukan langsung PT Kuntjup, kontraktor yang memenangi tender.

Sebelumnya, Polda Jateng telah menetapkan Direktur PT Kuntjup Titik Kirnaningsih yang juga istri Wali Kota Salatiga yang tengah menjabat, Yuliyanto, sebagai tersangka. Selain Titik yang juga anggota DPRD Kota Salatiga dari Partai Indonesia Sejahtera, mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Salatiga, Saryono, juga terlibat. Keduanya kini sudah menjalani persidangan.

Kuasa Hukum Manoppo, Heru Wismanto, menyebutkan, kliennya akan mengikuti semua prosedur hukum yang harus dijalani. Selama ini, Manoppo kooperatif dalam setiap pemeriksaan sebagai saksi baik saat penyidikan maupun di persidangan. (UTI)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.