Kompas.com - 03/07/2012, 20:25 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

BANDUNG, KOMPAS.com — Tiket kereta api kelas ekonomi di PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi II Bandung, Jawa Barat, untuk keberangkatan Lebaran tahun 2012 ludes terjual. Tiket yang terjual habis adalah untuk tanggal keberangkatan mulai H-3 hingga hari Lebaran.

Demikian penjelasan Manajer Humas PT KAI Daop II Bambang S Prasetyo, Selasa (3/7/2012), di Bandung. Dia menyebut beberapa perjalanan, seperti Pasundan kelas ekonomi jurusan Surabaya, yang habis terpesan untuk keberangkatan tanggal 15-18 Agustus. Begitu pula Kutojaya Selatan tujuan Kutoarjo, Purworejo, sudah habis untuk tanggal 14-20 Agustus serta Kahuripan tujuan Kediri mulai tanggal 14-18 Agustus.

Pemesanan tiket berlangsung di beberapa stasiun, yaitu Purwakarta, Plered, Padalarang, Cimahi, Kiaracondong, Rancaekek, Cipeundeuy, Tasikmalaya, Ciamis, dan Banjar.

Untuk mengantisipasi membeludaknya penumpang, PT KAI juga menyiapkan kereta tambahan untuk kelas ekonomi, seperti KA Pasundan Lebaran trayek Kiaracondong-Surabaya dan Kutojaya Selatan Lebaran trayek Kiaracondong-Kutoarjo, untuk keberangkatan 12-27 Agustus.

Bambang mengingatkan, tahun ini PT KAI menerapkan kebijakan 100 persen kapasitas kereta, yang berarti tidak ada lagi penumpang yang berdiri karena satu kereta yang diisi penumpang sejumlah kursi yang ada. Manajemen di stasiun juga hanya memperbolehkan penumpang yang memasuki peron stasiun agar tidak berdesakan dan bercampur dengan pengantar.

Mengenai kereta komersial, Bambang menuturkan, okupansi masih mencapai 70-80 persen kapasitas kereta untuk keberangkatan H-1 hingga H-4 Lebaran. Salah satu contohnya adalah Lodaya Pagi, okupansi kelas eksekutif baru 78 persen dan kelas bisnis 55 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.