Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helarfest 2012 untuk Kampanyekan Ruang Publik

Kompas.com - 03/07/2012, 20:13 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Helarfest 2012 kembali digelar, setelah absen dua tahun, dengan rangkaian kegiatan mulai Juli hingga Oktober. Konsep penyelenggaraan tahun ini adalah menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap ruang publik kota di sekitar mereka.

Tidak seperti Helarfest 2010 yang berisi 67 kegiatan selama 2,5 bulan, Helarfest tahun ini hanya berisi empat kegiatan, tetapi digelar di tempat dan waktu terpisah.

Babakan Siliwangi bakal menjadi lokasi konser musik dan pertunjukan laser pada awal Juli, dilanjutkan festival kuliner di Lapangan Gasibu sembari mengisi bulan puasa. Pada September digelar pameran potensi kampung kreatif. Bulan terakhir, Oktober, bakal diisi dengan kegiatan di Sungai Cikapundung.

Menurut Direktur Program Bandung Creative City Forum Fiki Satari, konsep Helarfest tahun ini adalah mendekatkan warga dengan ruang publik di Kota Bandung, Jawa Barat, seperti Babakan Siliwangi sebagai hutan kota, Lapangan Gasibu sebagai lapangan kota, kampung kreatif sebagai kampung kota, dan Sungai Cikapundung sebagai sungai kota. "Penciptaan ruang publik seperti itu diharapkan bisa memulai pertemuan manusia di sana agar kemudian berkolaborasi dan menghasilkan kreasi," kata ketua panitia acara ini, Panca Dwinandhika, Selasa (3/7/2012), di Bandung.

Menurut agenda acara, acara terdekat adalah Lightcestra, pertunjukan musik yang dipadu dengan permainan laser di kerimbunan pohon Babakan Siliwangi, mulai Kamis (5/7/2012) hingga Sabtu (7/7/2012).

"Kami hanya ingin menumbuhkan kecintaan warga dengan ruang publik mereka. Ternyata belum banyak warga yang tahu mengenai keberadaan Babakan Siliwangi, termasuk lapangan adu domba di dalamnya," tutur Panca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com