Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waduk Ponre-Ponre Surga Para Pemancing di Hari Libur

Kompas.com - 30/06/2012, 11:20 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

BONE, KOMPAS.com - Berbagai macam cara dilakukan oleh warga dalam mengisi akhir pekan, di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan sejumlah warga memilih memancing bersama keluarga. Dengan memanfaatkan hamparan waduk ratusan warga dari segala usia asyik memancing meski di tengah sengatan matahari.

Waduk Ponre-ponre yang berada di Desa Tompobulu Kecamatan Libureng Kabupaten Bone Sulawesi Selatan inilah yang digunakan oleh ratusan warga dalam mengisi hari libur mereka dengan memancing. Waduk yang memiliki tinggi 55 meter dengan kapasiras tampung 40,4 juta m3 serta luas genangan 300 Ha dan catchment area seluas 78 km2 ini cukup memungkinkan perkembangbiakan sejumlah jenis ikan air tawar.

Hal inilah yang dimanfaatkan oleh warga untuk mengisi akhir pekan seharian di pinggiran waduk ini. Jika pada hari sabtu dan minggu waduk ini dikunjungi oleh ratusan warga dengan membawa kail, umumnya ikan yang didapan dibawa pulang ke rumah atau langsung di konsumsi ditempat dengan cara dipanggang di pinggiran sungai.

Uniknya warga yang memancing bukan hanya pria dewasa namun dari segala umur bahkan perempuanpun ikut menikmati wisata mancing ini.

"Kalau saya datang ke sini sama anak, yah lumayan buat isi liburan dari pada tinggal dirumah," ujar Aslam, salah seorang pengunjung. Sabtu, (30/06/2012).

Untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung yang sekedar datang untuk memancing, warga yang tinggal di sekitar waduk inipun memberikan tempat khusus di sepanjang pinggir waduk dengan menggunakan tali rapia seadanya untuk memberikan batasan tempat bagi para pengunjung

"Itu sekedar tali biasa biar orang yang mancing kelihatan rapi," ujar Asrul salah seorang warga setempat.

Bagi Anda yang berminat menghabiskan akhir pekan dengan memancing silakan datang ke waduk ini seraya menikmati pemandangan dengan latar pegunungan yang indah, dan tentunya tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com