Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

36 Imigran Diamankan di Kepulauan Seribu

Kompas.com - 28/06/2012, 12:04 WIB
Ratih Prahesti Sudarsono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Aparat Kepolisian Resor Kepulauan Seribu mengamankan 36 orang imigran, Kamis (28/6/2012) pagi. Merekan diamnakan dari Pantai Marina Ancol, Jakarta Utara, ketika hendak menyewa kapal untuk berangkat ke Pulau Krakatau, Banten.

"Mereka oleh Polres Kepulauan Seribu diserahkan ke Imigrasi Jakarta Utara," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto. 

Menurut Rikwanto, imigran gelap itu diamankan sekitar pukuk 06.00. Semuanya diduga berasal dari Iran.

Sebelumnya, para imigran tersebut menginap di Hotel Astika di Mangga Besar, Jakarta Barat. Bersama mereka ada seorang pemandunya yang bernama Anwar Koswara (46), warga Kampung Pesangrahan RT 03/017, Pelabuhan Ratu Sukabumi, Jabar. Dia yang menyewa dua kapal untuk mengangkut imigran tersebut.

"Kapal yang disewanya adalah kapal motor Zevolution dan King Of Birdnest, yang akan menuju Pulau Krakatau, Merak, Banten. Selanjutnya, mereka akan dijemput oleh sebuah kapal yang akan mengangkut mereka menuju Austrlia. Kapal itu berada sekitar dua mil dari Marina," tutur Rikwanto.

Kini, para imigran gelap tersebut sudah diserahkan ke Imigrasi Jakarta Utara pada pukul 10.00. Penyerahan mereka disaksikan Kabag Operasi Polres Kepulauan Seribu Kompol Slamet Haryono dan Kapolsek Pademangan Jakut Kompol Susatyo Purnomo, tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com