Banyuwangi Berhasil Panen Tembakau Jenis Kasturi

Kompas.com - 23/06/2012, 15:55 WIB
|
EditorFransiskus Sarong

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Petani di Desa Sidowangi, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi berhasil memanen tembakau jenis Kasturi di lahan tadah hujan. Pada panen raya yang berlangsung Sabtu (23/6/2012), petani memanen 915 ton dari 1.017 hektar lahan.

Menurut Sujianto, petani tembakau Banyuwangi, lahan tadah hujan di daerahnya sebelumnya tak produktif, namun kini petani memanfaatkannya untuk menanam tembakau. Kondisi iklim yang kering membantu tanaman tembakau tumbuh baik.

"Dari modal Rp 27 juta, saya masih dapat 57 juta dari lahan seluas setengah hektar," katanya. Muhammad Sinoel, Wakil Sekretaris Jenderal, Asosiasi Petani Tembakau Indonesia mengatakan harga tembakau saat ini, bisa berkisar antara Rp 20.00-30.000-an per kg rajang. "Harganya tidak setinggi tahun lalu karena banyak petani yang panennya berhasil terbantu cuaca," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.