Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 6,6 SR Guncang Aceh, Warga Tak Panik

Kompas.com - 23/06/2012, 12:55 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Gempa berkekuatan 6,6 pada skala Richter kembali menggetarkan Aceh pada pukul 11.34 WIB, Sabtu (23/6/2012). Gempa yang berpusat di Kota Subulussalam ini terbilang kuat kendati tidak membuat warga panik.

Data yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) beberapa saat setelah gempa menggoyang Aceh menyebutkan, pusat gempa berada pada 24 kilometer Barat Laut Kota Subulussalam, dengan kedalaman 103 kilometer.

Sejumlah warga di Kota Banda Aceh terlihat keluar dari bangunan rumah, ruko, dan gedung lainnya. Namun, tidak sedikit juga warga yang tidak merasakan adanya guncangan gempa karena tengah beraktivitas.

"Saya tidak merasakan gempa, mungkin karena angin bertiup agak kencang," ujar Abdullah, warga Beurawe, Banda Aceh.

Sementara itu, Rony, seorang warga di Kota Subulussalam, mengatakan, gempa terasa dalam sekali hentakan saja sehingga ada juga warga yang tidak merasakannya.

"Tidak ada kepanikan di Subulussalam, sebagian warga yang merasa ada gempa keluar dari rumah dan bangunan. Ada juga yang tidak merasakan karena sedang berjalan di jalan raya dan beraktivitas," kata Rony.

Namun, sebut Rony, seorang warga terluka ringan akibat tertimpa sebuah papan saat sedang berlari keluar dari rumahnya. "Saat ini dia sudah mendapat perawatan di puskesmas Kecamatan Simpang Kiri, tidak ada luka serius, hanya benjolan di kepala," jelas Rony.

Belum ada laporan kerusakan akibat gempa yang mengguncang Aceh pada Sabtu siang ini. Selain di Kota Subulussalam yang merupakan pusat gempa, guncangan juga dirasakan di Banda Aceh, Tapak Tuan, Singkil, Pulau Banyak, Aceh Besar, dan sebagian Kabupaten Pidie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com