Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedimentasi Mengarah ke Daerah Tengah dan Hulu Barito

Kompas.com - 21/06/2012, 16:34 WIB
Defri Werdiono

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Selain di daerah muara, akhir-akhir ini sedimentasi juga banyak terjadi di daerah tengah dan hulu Sungai Barito yang berada di wilayah Kalimantan Tengah. Banyaknya sedimentasi yang masuk ke sungai itu disebabkan degradasi lingkungan yang cukup tinggi di daerah hulu.

Hendri Ramadani, Pengendali Ekosistem Hutan pada Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Barito, mengatakan, saat ini perusahaan tambang batubara di wilayah Kalteng mulai marak. Akibatnya, wilayah yang semula memiliki peranan besar dalam menyerap air menjadi berkurang.

"Bila ada hujan air, langsung jatuh ke tanah dan masuk ke sungai," ujarnya di sela-sela Diskusi Publik Selamatkan Air Baku di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (21/6/2012). Panjang sungai yang melintasi dua provinsi, Kalteng dan Kalsel, ini mencapai 900 kilometer. Pada musim kemarau panjang, sejumlah titik di Kalteng mengalami penyusutan sehingga menyulitkan kapal yang melintas.

Adapun yang di Kalsel dilakukan pengerukan rutin. Kalsel sendiri juga tidak lepas dari degradasi lingkungan. Menurut Hendri, dari 3,7 juta hektar luas wilayah, yang masuk kategori lahan kritis mencapai 20,6 persen, agak kritis 39,7 persen, baik 2,9 persen, sedangkan sisanya antara agak kritis dan kritis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com