Kompas.com - 20/06/2012, 22:34 WIB
EditorBenny N Joewono

JAYAPURA, KOMPAS.com - Pemenang penghargaan Yap Thiam Hien Award 2009, Pastor Jhon Jongga Pr, menyatakan dialog adalah solusi untuk menyelesaikan permasalahan di Papua.

"Pemerintah harus mengajak orang Papua berdialog, duduk bersama secara bermartabat bagaimana mencari solusi ataupun penyelesaian sejumlah permasalahan yang ada," katanya di Jayapura, Rabu (20/6/2012).

Menurut pastor asal Kupang, NTT itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono harus membuka hati secara tulus dan serius untuk memberikan perhatian yang intensif terhadap persoalan di Papua.

"Dengan membangun dialog yang melibatkan semua pihak, baik yang pro dan kontra pemerintah, maka akar persoalan yang ada bisa diketahui dan dicarikan jalan keluar. Saya pikir Bapak Presiden harus buka ruang dialog dengan siapa saja di Papua," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Keny salah satu aktivis/pegiat independen di Kota Jayapura yang gencar memperjuangkan HAM.

"Dialog antara pemerintah pusat dengan warga Papua akan bisa mengungkap semua persoalan yang ada. Kalau dialog, pasti kita bisa mengidentifikasi, kemudian ambil langkah-langkah konkret," katanya.

Terkait kedatangan rombongan Menko Polhukam di Kota Jayapura dan sejumlah daerah lainya di Papua, ia menilai langkah itu belum bisa menemukan akar persoalan yang terjadi.

"Karena belum tentu rombongan Menko Polhukam bertemu dengan pihak yang berkompeten, apalagi waktu kedatangan di Jayapura tergolong cepat," katanya.

Sementara itu, seorang peneliti dari lembaga ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI) yang saat ini berada di Kota Jayapura, Muridan, mengatakan penyelesaian berbagai persoalan di Papua bisa dilakukan dengan berbagai cara yang bukan represif, di antaranya lewat dialog.

"Yah, menurut saya bisa dilakukan secara damai tidak secara represif (pendekatan militer) dan kedua pihak mengelola Papua dengan baik," katanya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.