Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minimarket Abaikan Keamanan, Banyak Aksi Perampokan

Kompas.com - 18/06/2012, 14:28 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perampokan terhadap minimarket yang terjadi di wilayah Jakarta Timur beberapa waktu terakhir, diakibatkan karena abainya pihak pengelola terhadap keamanan internal. Padahal, pihak kepolisian setempat telah memperingatkan masalah tersebut kepada pihak pengelola sebelumnya.

"Sudah dibilang itu sejak minimarket dibuka, agar disediakan satpam lah buat jaga keamanan. Sekarang kalau sudah begini, kami juga yang repot," ujar Kepala Seksi Humas Polsektro Kramat Jati, Aiptu Akhmad kepada Kompas.com saat ditemui di kantornya, Senin (18/6/2012).

Akhmad mengaku telah mendata minimarket yang beroperasi 24 jam di wilayahnya. Petugas patroli pun telah diterjunkan setiap malam. Namun, kecerdikan pelaku dapat mengelabui petugas.

"Ya kaya yang tadi itu, kan menurut informasi, sebelumnya ada patroli kontrol. Dia pergi, terus baru pelaku beraksi," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Perwira Unit Reserse Kriminal Iptu Suwardi. Peristiwa perampokan yang terjadi di Alfamart Jalan Wijaya Kusuma Raya, Malaka Kaya, Duren Sawit, Jakarta Timur, beberapa saat setelah perampokan di Dewi Sartika, juga diakibatkan karena tidak ada pengamanan internal.

"Berkali-kali sudah diperingatkan, kalau bisa ada satpam. Dia terlalu cuek, terlalu masa bodo, kami minta data transkripan CCTV saja mereka nanya, ada keperluan apa Pak? Masa begitu?" ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, jika tidak menyediakan satpam, paling tidak pihak pengelola bekerja sama dengan petugas keamanan lingkungan untuk berkoordinasi.

"Atau nggak bikin saja warung kecil di sana, supaya agak ramai sedikit. Begitu ada peristiwa, dia bisa teriak atau apa," ujarnya.

Yuda Muziangki (26), Kepala Minimarket Alfamart Duren Sawit, membenarkan pihaknya tak menyediakan pengamanan internal. "Yang ada cuma tukang parkir saja, itu juga paling malam jam 12 malam sudah pulang," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan Kompas.com, aksi perampokan menimpa dua minimarket Alfamart dalam waktu yang berdekatan. Pukul 01.20 WIB, lima perampok, tiga di antaranya menggunakan golok, menyatroni Alfamart di Jalan Dewi Sartika, Cililitan, Kramatjati, Jakarta Timur.

Komplotan pelaku menggunakan mobil Toyota Avanza B 1315 POK. Mereka membawa kabur uang tunai Rp 20 juta yang ada di dalam brankas. Dalam melancarkan aksinya, pelaku juga mengikat tiga orang karyawan minimarket.

Pukul 02.30 WIB, giliran Alfamart di Jalan Wijaya Kusuma Raya, Malaka Raya, Duren Sawit, Jakarta Timur yang disatroni perampok. Tiga orang perampok datang dengan bersenjatakan golok langsung menodong satu dari dua orang karyawan. Uang sejumlah Rp 66 juta yang ada di dalam brankas pun berhasil digasak pelaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com