Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Kios Saphir Square Mengadu ke DPRD DIY

Kompas.com - 14/06/2012, 12:17 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Puluhan pemilik kios Saphir Square mendatangi Kantor DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (14/6/2012) siang ini. Mereka minta dukungan DPRD DIY agar Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) tidak melelang kios yang mereka klaim telah sah menjadi hak milik.

Pukul 11.00, para pemilik kios mulai berdatangan ke Gedung DPRD DIY. Didampingi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta, mereka membawa poster-poster dan spanduk kecaman terhadap Joni Kantono, pemilik PT SYSM.

Koordinator Pemilik Kios Saphir Square Hana Mashudi mengatakan, pemilik kios telah membeli lunas kios kepada PT SYSM. Namun demikian, PT SYSM mengalami masalah kredit dan dinyatakan pailit oleh Bank Bukopin.

"Ini berdampak dilakukannya lelang oleh kurator melalui KPNL tanpa memperhatikan aspirasi dari pemilik kios. Akibatnya, pemilik kios terancam kehilangan aset dan mata pencaharian satu-satunya," kata Hana.

Menurut dia, kurator dan hakim pengawas pada rapat verifikasi di Pengadilan Negeri Semarang tanggal 7 Mei 2012 telah memberikan putusan yang merugikan dan tidak adil bagi pemilik kios. Para pemilik kios berharap DPRD DIY membela dan melindungi pemilik kios untuk mempertahankan kios-kios tersebut.

Mereka juga meminta Polda DIY mengusut tuntas laporan para pemilik kios terhadap pemilik PT SYSM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com