Gelombang Belum Tenang, Nelayan Nekat Melaut

Kompas.com - 12/06/2012, 15:50 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Nelayan di Banyuwangi nekat melaut meski kondisi cuaca di perairan Selat Bali dan Samudra Indonesia belum tenang. Mereka tergiur dengan melimpahnya ikan di pantai selatan Jawa.

Di Pusat Pelabuhan Perikanan Muncar, Banyuwangi, sebagian kapal yang sebelumnya hanya terparkir di dermaga sudah melaut. 

Menurut Sahroni, nelayan Muncar, sebagian kapal sudah mulai berangkat mencari ikan di daerahb Pantai Muncar, selatan Banyuwangi. "Ikan sekarang banyak didapatkan di sana, jadi kini nelayan memilih melaut ke arah selatan," kata Sahroni.

Muttarom, juga nelayan di Muncar, mengakui, kondisi cuaca memang belum sepenuhnya baik. Gelombang tinggi bisa datang sewaktu-waktu.

Seperti Senin lalu, gelombang tenang di pagi hari, tetapi mulai tinggi pada siang dan sore hari. Nelayan pun mengakalinya dengan melaut saat kondisi cerah, tetapi kembali ke darat, yakni di Pantai Pancer, saat cuaca mulai memburuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.