Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Depan Rumah Sakit Jiwa, Ayam dan Sambal Itu Berasal

Kompas.com - 10/06/2012, 16:50 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com -- Mereka yang tinggal di Magelang, Jawa Tengah, dan sekitarnya barangkali sudah pernah menyantap hidangan dari Rumah Makan Ayam Kosek Panjiwo di Magelang. Rumah makan ini terkenal dengan ayam goreng yang khas berikut Sambal Kosek yang superpedas.

Kombinasi antara kegurihan ayam goreng dengan sensasi pedas sambal tersebut membuat para pelanggannya ketagihan untuk datang dan datang lagi ke rumah makan ini. Sambal itu dinamakan Sambal Kosek karena, setelah bahan-bahannya dilulek cuma sampai jadi sambal yang kasar, sambal tersebut langsung dituang sambil di-kosek dan di-penyet ke ayam goreng yang masih panas, sehingga rasa pedasnya merasuk kedalam daging ayam.

Bahan-bahan Sambal Kosek terdiri dari cabai rawit hijau, cabai keriting merah, bawang putih, dan terasi. Selain menyajikan Ayam Kosek, yang sudah memiliki penggemar fanatik, rumah makan tersebut menyuguhkan--antara lain--pula gurame bakar, gurame asam manis, bebek goli atau bebek bumbu pedas, ceker lombok ijo, dan satu menu lagi yang juga menjadi andalan, Iga Kosek. Masih ada menu lain seperti Tempe Kosek dan Tahu Kosek, asem-asem, lalapan, oseng-oseng dan, aneka jus.

Selain lezat, harga yang dipatok tergolong terjangkau. Misalnya, Rp 13.500 untuk satu porsi Ayam Kosek. Istimewanya lagi, nasi yang disajikan berasal dari beras organik, sehingga menghasilkan nasi yang pulen.

Delapan tahun lalu rumah makan ini dibuka untuk kali pertama di depan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr Soeroyo, Jalan A Yani, Kota Magelang. Karena itu, rumah makan ini diberi nama Panjiwo, singkatan dari depan rumah sakit jiwo (jiwa). Dari waktu ke waktu rumah makan ini terus berkembang dan kini telah memiliki 11 cabang yang tersebar di Magelang, Temanggung (Jawa Tengah), dan Yogyakarta. Akhir Mei 2012, salah satu cabangnya, di Jalan Magelang-Yogyakarta Km 8, Mungkid Kabupaten Magelang, kira-kira lima kilometer dari Candi Borobudur, baru saja dibuka.

Menurut Budi Djaja Nugroho, pemilik Rumah Makan Ayam Kosek Panjiwo, cabang tersebut merupakan cabang ke-11 sekaligus terbesar. Luasnya 3.600 m2. Di situ ada gazebo, meeting room, pusat oleh-oleh, mini market, ruang utama, dan tempat lesehan. Tersedia pula Wi-Fi. Lahan parkirnya pun luas, 1.100 m2.

"Meski berada di pinggir jalan raya, pengunjung tetap bisa menikmati suasana pedesaan, karena di belakang rumah makan ini ada hamparan sawah yang cukup luas. Apalagi, kalau malam hari, suasana makin romantis dengan suara orkestra alami alias suara katak-katak sawah," tutur Budi.

Menurut Budi pula, sejak soft opening cabang ke-11 itu, jumlah pengunjung yang datang luar biasa. "Ini di luar dugaan, karena rata-rata ada 200 pengunjung yang datang setiap hari. Selain dari Magelang, banyak pula yang datang dari luar kota," katanya.

Rumah makan yang memiliki tagline Bikin Kenyang, Bikin Senang ini, imbuh Budi, akan pula dilengkapi dengan dengan sekolah alam. Akan ada kebun buah dan tanaman lain yang bisa digunakan untuk wisata edukasi anak-anak.

Nah, jika sudah puas menikmati hidangan rumah makan ini, para pengunjung bisa membeli aneka oleh-oleh bikinan para warga Magelang dan sekitarnya. "Aneka oleh-oleh ini juga merupakan hasil karya masyarakat sekitar Magelang. Bahkan, untuk supply kebutuhan rumah makan, kami sudah membentuk cluster-cluster, seperti cluster ayam, ikan, sayuran maupun bumbu dapur, yang semuanya melibatkan masyarakat sekitar," tambah Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com