Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Lumpur Lapindo Jalan Kaki ke Jakarta

Kompas.com - 10/06/2012, 14:27 WIB
Idha Saraswati W Sejati

Penulis

SIDOARJO, KOMPAS.com - Hari Suwandi (44), seorang korban lumpur Lapindo dari Desa Kedungbendo, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, memutuskan untuk berjalan kaki ke Jakarta. Hal itu ia lakukan untuk mendesak pemerintah dan pemilik Lapindo Brantas Inc, agar segera menyelesaikan segala masalah yang selama enam tahun terakhir menjerat korban lumpur.

Hari berencana berangkat ke Jakarta pada Kamis (14/6/2012) pagi mendatang. Ia akan dikawal Harto Wiyono (42), korban lumpur Lapindo dari Desa Jatirejo, Kecamatan Porong, yang mengendarai sepeda motor.

"Saya berjalan kaki sebagai bentuk kekecewaan pada pemerintah yang mengabaikan korban lumpur selama enam tahun ini. Masalah yang dihadapi korban lumpur tidak diselesaikan. Sampai sekarang pembayaran ganti rugi belum lunas. Pemerintah juga tidak membantu korban lumpur yang kehilangan pekerjaan," ujarnya, Minggu (10/6/2012).

Untuk mempersiapkan kepergiannya, Hari bersama korban lumpur dari dalam peta area terdampak melakukan ritual penyucian diri dengan mandi lumpur di atas tanggul lumpur Lapindo pada Minggu siang ini.

Ia akan menempuh perjalanan sejauh 827 kilometer dari titik berangkat di tanggul lumpur Lapindo Kecamatan Porong ke Jakarta. Perjalanan itu diperkirakan memakan waktu 29 hari. Ia akan menempuh jalur pantai utara Pulau Jawa, dengan melewati 17 kota/kabupaten.

Di Jakarta, Hari akan mendatangi Wisma Bakrie I, Istana Negara, Bundaran HI, Gedung DPR RI dan Kantor Menteri PU. "Saya akan bertahan di Jakarta sampai mendapat informasi kalau korban lumpur di Sidoarjo sudah dilunasi," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com