Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pawai Ta'aruf MTQ Sebarkan Pesan Damai

Kompas.com - 07/06/2012, 15:20 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - 33 Kontingen Musabaqah Trilawatil Qur’an (MTQ) XXIV tingkat Nasional di Kota Ambon, Kamis (7/6/2012) ambil bagian dalam pawai ta’aruf sebagai rangkaian pelaksanaan MTQ. Dalam pawai itu, puluhan kafilah menyerukan pesan damai dari Ambon untuk Indonesia.

Pawai dimulai sekitar pukul 02.30 wit dari Kawasan Tantui, tepatnya di depan Markas Brimobda Maluku. Kontingen dari 33 provinsi ini lalu berpawai melewati sejumlah jalan di Kota Ambon, seperti Jalan Jenderal Sudirman di Kawasan Batu Merah, Jalan Tulukabessy di Kawasan Mardika hingga Jalan AY Patty dan AM Sangadji yang berada di pusat Kota Ambon, sebelum finish di Jalan Yos Sudarso.

Menarik, dalam pawai ta’aruf ini, hampir seluruh kafilah menyerukan pesan damai baik lewat spanduk yang terpampang di kendaraan hias, maupun lewat pengeras suara yang dibawa masing–masing kontingen. “Damailah negeriku, damailah Tanah Airku, perbedaan tidak harus membuat kita saling tercerai berai, tapi mari jadikan itu sebagai kekuatan untuk kita membangun negeri ini yang lebih maju lagi,” seru salah seorang kafilah dari Jawa Timur.

Kafilah dari Sumatera Utara, bahkan mengungkapkan, kedatangan mereka di Kota Ambon bukan sekadar untuk menjadi juara MTQ, namun untuk menyebarkan pesan damai di Kota Ambon. “Kami datang dari jauh bukan sekadar untuk mencari juara umum MTQ, namun lebih daripada itu kami ingin belajar perdamaian dan toleransi dari Kota Ambon, dan juga ingin menyebar pesan damai bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap mereka.

Tidak ada sedikitpun rasa khawatir yang melintas di benak para kafilah, mereka bahkan tersenyum dan sesekali melembaikan tangan bagi warga Ambon yang menonton jalannya pawai tersebut. Uniknya pula, sejumlah kendaraan pawai ta’aruf ada yang dibuat menyerupai Masjid, Gereja, Pura Wihara dan simbol–simbol keagamaan lainnya.

Meski diguyur hujan, pawai ini tetap berjalan lancar dan tertib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com