Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perwakilan Petani Kebumen Masuk ke Ruang Rapat

Kompas.com - 07/06/2012, 13:04 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

KEBUMEN, KOMPAS.com - Tujuh orang perwakilan petani dari wilayah Urut Sewu, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, akhirnya diterima untuk mengikuti dengar pendapat di ruangan Gedung DPRD setempat, Kamis (7/6/2012).

Mereka diperbolehkan mengikuti pembahasan Rancangan Perda Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kebumen, dengan dikawal ketat polisi.

Tujuh perwakilan tersebut di antaranya Seniman sebagai Ketua Forum Paguyuban Petani Kebumen Selatan (FPPKS), Widodo Sunu Nugroho dari Paguyuban Petani Wiromartan (Perwira), dan Nur Hidayat, Kepala Desa Setrojenar.

Pembahasan Raperda RTRW tersebut menghadirkan sejumlah narasumber dari pemerintah pusat. Fokus pembahasan tertuju pada polemik Pasal 35 dan Pasal 39, yang menyebutkan pemanfaatan kawasan Kebumen selatan sebagai kawasan pertahanan dan keamanan serta pertambangan.

Pembahasan Raperda RTRW Kebumen berjalan sangat lambat, dan beberapa kali ditunda. Masyarakat Kebumen selatan masih tidak sependapat dengan rancangan dari DPRD, dan menghendaki kawasan Urut Sewu dijadikan kawasan pertanian dan pariwisata. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com