Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perwira Kodam VII Wirabuana Tewas Saat Tes Olahraga

Kompas.com - 05/06/2012, 00:04 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Kepala Perhubungan Kodam VII Wirabuana Kolonel Chb Mat Ali (48) meninggal dunia saat menjalani tes olahraga dalam ujian pertama Samapta A di lapangan Sultan Hasanuddin, Senin (4/6/2012).

Diduga kuat, mantan staf logistik Militer TNI Angkatan Darat ini mengalami gagal jantung.

Dalam latihan rutin uji kesegaran jasmani, Senin sekitar pukul 09.00 Wita di Lapangan Sultan Hasanuddin. Ali tiba-tiba terjatuh dan tak sadarkan diri saat tengah berlari dalam uji pertama yang disebut Samapta A.

"Dia tiba-tiba saja terjatuh pada saat latihan pertama, yakni lari selama 12 menit," kata Kepala Seksi Penerangan Umum Kodam VII Wirabuana, Mayor Sahabuddin.

Mat Ali memulai uji tahap awal yakni berlari sekitar pukul 08.25 Wita. Perwira ini menggunakan nomor dada 08. Saat terjatuh, korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Pelamonia. Sayangnya, nyawanya tak bisa tertolong meski sempat menerima perawatan medis sebelumnya.

Mantan Staf Logistik Militer TNI Angkatan Darat itu diduga mengalami gagal jantung. Kini, jenazahnya sudah diterbangkan ke kampung halamannya di Lampung. Jenazahnya diterbangkan dengan menggunakan pesawat komersial Lion Air siang tadi.

"Tes kesegaran jasmani ini sudah rutin dilakukan Kodam VII Wirabuana. Kalau ada penyakit, sudah dari dulu pasti ketahuan," kata Sahabuddin.

Uji kesegaran jasmani terbagi atas dua bagian, yakni Samapta A berupa lari selama 12 menit dan Samapta B berupa aneka uji ketangkasan, seperti pull-up, sit-up, dan push-up.

Tes ini diikuti oleh seluruh personel angkatan darat, termasuk Panglima Kodam VII Wirabuana Mayor Jenderal Muh Nizam. Setiap regu dalam tes berjumlah sekitar 20 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com