Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Ranakah, Gunung Api Termuda

Kompas.com - 03/06/2012, 11:21 WIB
Ahmad Arif

Penulis

MANGGARAI, KOMPAS.com -- Langit biru dan cerah. Gunung Anak Ranakah di Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur, terlihat gagah. Puncak gunung api termuda di Indonesia itu menguarkan asap tipis. Tim Ekspedisi Cincin Api Kompas mendokumentasikan aktivitas gunung berketinggian 2.130 meter ditemani Kepala Pos Pemantauan Anak Ranakah Bernadus Taut (48), Minggu (3/6/2012).

Gunung tumbuh cepat hingga ketinggian di atas 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Ini merupakan gunung api yang ke-129 atau termuda di Indonesia. "Gunung ini pertama kali muncul pada 27 Desember 1987 dari dasar lembah," kata Bernadus.

Untuk melihat aktivitas Anak Ranakah, tim ekspedisi mengendarai sepeda motor dari Kampung Robo, Desa Ranakah, di ketinggian 1.203 mdpl. Jalanan menuju ke Anak Ranakah sangat buruk dan dikelilingi semak belukar lebat. Beberapa kali sepeda motor nyaris tergelincir.

Sekitar satu jam kemudian, tim ekspedisi tiba di ketinggian 1.960 mdpl. Dari sana, Anak Ranakah terlihat menawan dengan kubah berwarna hitam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com