Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ombak Pulau Sopi Pikat Turis Asing

Kompas.com - 31/05/2012, 11:17 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, akan mengembangkan potensi pantai di Pulau Sopi untuk dijadikan sebagai tempat wisata selancar.

"Kami akan kembangkan Pulau Sopi sebagai andalan karena sangat potensial memiliki wisata selancar" kata Bupati Pulau Morotai, Rusli Sibua di Ternate, Rabu (30/5/2012).

Ia mengatakan, ombak di pantai Pulau Sopi termasuk paling bagus dibandingkan dengan di Bali, Nias, dan Morja Kabupaten Pulau Morotai. Wisatawan asing banyak yang datang ke Pulau Morotai untuk beselancar terutama di Kecamatan Morotai Jaya.

Ia mengingatkan warga agar dengan ramah menyambut wisatawan. Saat ini, kata Rusli, para wisatawan lebih tahu kapan ada ombak besar untuk beselancar karena mereka melihat dari berbagai situs.

"Dari bulan November sampai Desember tahun lalu, tercatat 63 orang turis yang datang dan pada  Januari sampai Maret tercatat 26 turis yang datang," katanya.

Total turis mancanegara ke Sopi dari bulan November sampai Maret sudah tercatat 89 orang. Mereka datang melalui Halut dan Ternate ke Sopi Morotai Jaya menggunakan kapal secara langsung, sehingga tidak singgah ke Pulau Morotai.

"Pada setiap musim ombak dari bulan November sampai Maret,  turis banyak yang datang. Mereka selalu berpindah tempat dan menyesuaikan dengan ombak," ujarnya.
 
Para turis menikmati ombak di Sopi biasanya dua pekan, setelah ombak tidak terlalu pasang baru mereka berpindah tempat. Sejak  Maret sampai Mei, turis mancanegara belum ada yang datang, karena belum musim ombak.

Selain itu, di Pulau Morotai, tempat yang biasa digunakan beselancar juga terdapat di Tanjung Akemalako dan Tanjung Balako Kecamatan Morotai Jaya yang akan dikembangkan sebagai potensi pariwisata andalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com