Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghabiskan Senja di Kampung Tua Wolotopo

Kompas.com - 30/05/2012, 19:08 WIB
Ilham Khoiri

Penulis

ENDE, KOMPAS.com -- Tim Ekspedisi Cincin Api Kompas menghabiskan senja di kampung batu kuna di Wolotopo, Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Rabu (30/5/2012). Wolotopo, yang berjarak sekitar 14 kilometer dari Kota Ende, merupakan kampung tua dengan tradisi megalitik yang masih lestari.

Tiba sekitar pukul 16.00 Wita, Tim Ekspedisi disambut Musalake (Ketua Adat) Nikasabu, Bernadus Dei (41), di rumahnya yang berada di tebing pantai Wolotopo. Kami langsung diajak naik untuk melihat rumah adat dan kubur batu di bagian atas kampung di perbukitan.

Rumah adat sudah bertahan selama lebih dari tujuh generasi, dengan beberapa kali rehabilitasi. Ini bangunan kayu dengan arsitektur tua dan teknologi kuno yang teruji waktu. Rumah tetap kukuh berdiri di antara berbagai perubahan alam.

Di depannya, terdapat kuburan megalitik yang juga berumur tua. Selain berisi kuburan para tetua adat, kawasan pekuburan kuna itu juga dilengkapi menhir dan batu sesaji.

Dari puncak bukit itu, terhampar kampung Wolotopo yang didirikan bergerombol di atas kontur tanah yang berundak. Undakan-undakan itu ditata dan diperkuat dengan tumpukan batu pantai dan gunung.

Tim Ekspedisi Cincin Api berbincang dengan beberapa tokoh adat dan masyarakat di kampung tua itu hingga matahari terbenam. Dari atas bukit, senja menyajikan pemandangan yang menawan.

Gunung Iya berdiri kokoh di tengah laut Flores yang berwarna biru keabu-abuan. Dinding-dinding bukit hijau menjadi temaram. Awan berarak, berganti warna dari kuning, keemasan, dan kemudian memerah.

Sungguh, ini landskap yang sulit dilupakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com