Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Budaya Masyarakat Sunda di Pasir Impun

Kompas.com - 28/05/2012, 09:32 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejumlah kesenian tradisional khas dari kampung adat yang ada di Jawa Barat dan Banten, dipentaskan pada Festival Budaya Masyarakat Adat Tatar Sunda di Ekowisata dan Budaya Alam Santosa di Pasir Impun Kabupaten Bandung, Senin (28/5/2012) ini.

"Kegiatan ini sebagai ajang kumpul bareng dan silaturahim kampung adat. Sambutan dari mereka luar biasa," kata Duta Sawala Baresan Olot Tatar Sunda (BOTS), Eka Santosa.

Kegiatan yang digelar di kawasan pegunungan di kawasan utara Bandung Raya itu, dikemas untuk menghadirkan 14 kampung adat Sunda, termasuk Banten, dalam satu ajang.

Sejumlah kesenian khas kampung adat yang akan ditampilkan adalah kesenian tradisional Laes, Jipeng, Tutunggulan, Gambyung, Kidung Puji Alam, Tari Buyng, Terbang, Karinding dan Gondang, Tembang Sunda, Bangreng, Dog-dog lojor, Beluk, Ronggeng Gunung, dan Tarawangsa.

Warga Pasir Impun sebagai tuan rumah juga akan unjuk gigi dengan kesenian yang berkembang di daerah itu reog, kuda renggong, dan kendang pencak.

Selain itu, kegiatan lainnya yang akan digelar adalah diskusi, permainan "baheula" (tradisional), menggambar, mewarnai dan juga pentas wayang golek.

"Peserta dan pengunjung terbuka untuk semua umur. Mereka bisa menikmati festival budaya ini yang juga sebagai upaya pewarisan budaya Sunda kepada generasi muda," kata Eka Santosa.

Sementara itu Ketua Panitia Festival Budaya Masyarakat Adat Sunda, Carnan M, mengatakan bahwa pihaknya mengumpulkan 14 perwakilan kampung adat di Jabar dan Banten bukan hal yang mudah. Namun dia mengapresiasi, karena ternyata masing-masing antusias dan mengirimkan dutanya ke festival itu.

"Setiap kampung adat punya keunikan dan karakter yang berbeda-beda. Namun semangatnya sama, yakni untuk mempertahankan adat istiadat peninggalkan leluhurnya kepada generasi mereka sehingga tetap lestari," kata Carnan.

Kawasan Eko Wisata Budaya Alam Santosa terletak di kawasan pegunungan di Pasirimpun di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Di lokasi itu dibangun Bale Gede dengan arsitektur julang ngapak, serta terdapat beberapa bangunan dengan arsitektur Tagog yang khas di Tatar Parahyangan.


Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com