Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Rendam Puluhan Rumah Warga di Ambon

Kompas.com - 27/05/2012, 20:17 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Selain bencana tanah longsor yang mengakibatkan 8 korban tewas, hujan deras yang terjadi dalam beberapa hari terakhir juga mengakibatkan banjir di sejumlah tempat di Kota Ambon.

Di Desa Galala, banjir merendam puluhan rumah warga, ketinggian air bahkan mencapai setengah meter. Banjir juga mengakibatkan talud penahan air sungai dan gelombang sepanjang tiga meter yang ada di samping Jembatan Galala ambruk.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun akibat kejadian itu, puluhan warga yang rumahnya terendam banjir, memilih mengungsi di rumah kerabatnya yang tidak terkena musibah.

Salah seorang warga bernama Moses yang rumahnya juga terendam banjir, mengatakan, musibah tersebut terjadi pada Minggu (27/5/2012) sekitar pukul 03.00 WIT, saat itu dirinya langsung mengevakuasi anggota keluarganya untuk menyelamatkan diri di tempat yang lebih aman.

"Saya terpaksa mengungsi karena situasi sangat tidak aman bagi keselamatan keselamatan keluarga saya," kata Moses

Ia menuturkan, banjir yang terjadi disebabkan oleh derasnya hujan yang dalam beberapa hari terakhir terus mengguyur Kota Ambon. "Memang kalau hujan terus menerus pasti daerah ini kebanjiran," ungkapnya.

Selain di Desa Galala, Banjir juga terjadi di Desa Batu Merah dan Kawasan Kompleks Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.

Di Kawasan IAIN banjir bahkan mengakibatkan tiga rumah warga rusak total. Selain itu Talud penahan air sungai sepanjang 20 meter di kawasan tersebut juga mengalami kerusakan parah akibat disapu banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com