Calon Mahasiswa Bidik Misi ITB Diumumkan 26 Mei

Kompas.com - 24/05/2012, 13:08 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Calon mahasiswa Insitut Teknologi Bandung (ITB) melalui program bidik misi yang dinyatakan lolos melalui jalur undangan akan diumumkan bersama dengan calon mahasiswa jalur undangan biasa pada Sabtu 26 Mei 2012.

Menurut Rektor ITB, Akhmaloka, pengumuman kelulusan calon mahasiswa bidik misi jalur undangan itu baru terbatas pada penilaian akademik.

"Tanggal 26 sampai 27 Mei itu diumumkan semuanya untuk jalur undangan termasuk bidik misi. Tapi untuk bidik misi pengumumannya baru tahap penilaian akademik," katanya di Bandung (24/5).

Selanjutnya, kata Akhmaloka, tim verifikasi akan memeriksa apakah calon mahasiswa program bidik misi itu benar-benar berasal dari kalangan tidak mampu. "Jadi kalau secara akademik calon mahasiswa bidik misi itu dinyatakan lolos, tapi ternyata ketahuan dia anak orang mampu, maka harus dikeluarkan," katanya.

ITB sendiri saat ini sudah mempersiapkan tim verifikasi untuk memeriksa biodata calon mahasiswa tidak mampu yang mendaftar melalui jalur bidik misi.

Setiap perguruan tinggi negeri yang menerima calon mahasiswa dari jalur bidik misi, lanjut dia, pasti memiliki tim verifikasi untuk memeriksa biodata para calon.

Pada penerimaan mahasiswa tahun 2012, ITB menyediakan 900 kursi untuk mahasiswa tidak mampu melalui program beasiswa bidik misi dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Secara nasional, Kemendibud mempersiapkan 30 ribu paket beasiswa program bidik misi bagi mahasiswa kurang mampu yang berprestasi untuk belajar di perguruan tinggi negeri.
    
Paket beasiswa tersebut terdiri atas biaya kuliah sebesar Rp6 juta per semester selama 4 tahun dan biaya hidup sebesar Rp600 ribu per bulan.
    
Akhmaloka mengatakan ITB melakukan penjaringan melalui sistem undangan kepada calon mahasiswa jalur bidik misi yang sebelumnya telah mendaftar ke Direktorat Pendidikan Tinggi Kemendikbud.
    
"Kalau nanti bidik misi jalur undangan tidak diterima, maka masih bisa ikut jalur ujian tertulis. Kalau ujian tertulis tidak masuk, bisa ikut jalur ujian mandiri. Khusus untuk calon peserta dari program bidik misi tidak dikenai biaya," tuturnya.
    
Daya tampung ITB untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2012 sebanyak 3.300 kursi yang terdiri atas 900 kursi jalur bidik misi, 1.980 kursi dari jalur undangan serta 1.320 dari jalur ujian tertulis.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.