Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akses Kerja Layak Atasi Kemiskinan

Kompas.com - 24/05/2012, 05:05 WIB

Jakarta, Kompas - Penurunan tingkat pengangguran terbuka di Indonesia dalam 10 tahun terakhir belum diikuti peningkatan akses dan kualitas lapangan kerja.

Pemerintah, organisasi pengusaha dan pekerja, serta pemangku kepentingan lain harus proaktif mengidentifikasi dan mengatasi masalah untuk meningkatkan akses kerja layak demi mengatasi kemiskinan.

Organisasi Buruh Internasional (ILO), badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang aktif mempromosikan standar kerja layak, bersama Uni Eropa meluncurkan Profil Pekerjaan yang Layak untuk Indonesia, di Jakarta, Rabu (23/5).

Direktur ILO Indonesia dan Timor Leste Peter van Rooij mengatakan, pemerintah bisa memastikan rakyat Indonesia memiliki akses terhadap pekerjaan produktif dengan pendapatan yang adil, jaminan terus bekerja, perlindungan sosial, dan dialog tripartit. Pemenuhan aspek ini membuat pekerja bebas berpartisipasi dalam keputusan manajemen yang memengaruhi kehidupan mereka.

Penyusunan profil ini mengungkap sejumlah fakta yang mencerminkan penurunan daya tawar pekerja. Di antaranya, sebagian besar orang bekerja dengan upah dan jaminan kelangsungan kerja yang rendah.

Secara terpisah, saat membuka Rapat Kerja Nasional Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan, pemerintah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan pekerja. Pemerintah juga meminta pengusaha yang mampu dapat memberikan kesejahteraan yang layak bagi pekerja.

Muhaimin mengulas bagaimana serikat pekerja terus bertambah sehingga persaingan menarik simpati anggota kian ketat. Pengurus serikat pekerja harus mampu menunjukkan kompetensi dalam mendampingi anggota dan membangun komunikasi bipartit yang harmonis. (Ham)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com