Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah TKI Bermasalah Meningkat

Kompas.com - 23/05/2012, 15:02 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com — Jumlah tenaga kerja Indonesia yang dipulangkan dari Malaysia karena berbagai persoalan melalui Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, sepanjang 2011 sebanyak 103 orang.

Namun, pada 2012 ini, hingga Mei, juga sudah 103 TKI yang dipulangkan sehingga jumlah TKI bermasalah yang dipulangkan ke Indonesia diperkirakan meningkat pada 2012 ini.

Staf Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Anak Bangsa, Nawara, di Pontianak, Rabu (23/5/2012),  mengatakan, para TKI yang dipulangkan melalui Entikong itu kebanyakan bekerja di Negara Bagian Sarawak dan Sabah (Malaysia), serta Brunei.

"Sebagian (TKI) menghadapi persoalan dengan majikan atau tempat kerjanya. Setelah ditelusuri, mereka juga bermasalah dengan dokumen keimigrasian yang mereka gunakan," kata Nawara.

LSM Anak Bangsa adalah lembaga yang bertugas memulangkan para TKI dari Malaysia melalui Entikong. Sebagian TKI ditangkap aparat setempat karena pelanggaran dokumen keimigrasian. Sebagian lainnya melaporkan diri ke konsulat karena mendapat perlakuan kasar, kekerasan fisik, atau seksual dari majikan, atau gaji tidak dibayar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com