Kompas.com - 23/05/2012, 15:02 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

PONTIANAK, KOMPAS.com — Jumlah tenaga kerja Indonesia yang dipulangkan dari Malaysia karena berbagai persoalan melalui Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, sepanjang 2011 sebanyak 103 orang.

Namun, pada 2012 ini, hingga Mei, juga sudah 103 TKI yang dipulangkan sehingga jumlah TKI bermasalah yang dipulangkan ke Indonesia diperkirakan meningkat pada 2012 ini.

Staf Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Anak Bangsa, Nawara, di Pontianak, Rabu (23/5/2012),  mengatakan, para TKI yang dipulangkan melalui Entikong itu kebanyakan bekerja di Negara Bagian Sarawak dan Sabah (Malaysia), serta Brunei.

"Sebagian (TKI) menghadapi persoalan dengan majikan atau tempat kerjanya. Setelah ditelusuri, mereka juga bermasalah dengan dokumen keimigrasian yang mereka gunakan," kata Nawara.

LSM Anak Bangsa adalah lembaga yang bertugas memulangkan para TKI dari Malaysia melalui Entikong. Sebagian TKI ditangkap aparat setempat karena pelanggaran dokumen keimigrasian. Sebagian lainnya melaporkan diri ke konsulat karena mendapat perlakuan kasar, kekerasan fisik, atau seksual dari majikan, atau gaji tidak dibayar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X