Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Surabaya, Banyak Bayi Tak "Happy"?

Kompas.com - 21/05/2012, 16:07 WIB

KOMPAS.com - Survei yang dilakukan pada Februari 2012, terhadap 200-400 ibu di Surabaya menunjukkan hanya tiga dari 10 bayi di Surabaya, yang tergolong happy baby. Kategori happy baby ini ditentukan berdasarkan kualitas tidur bayi.

Pampers selaku penyelenggara survei, bekerja sama dengan pakar kesehatan anak dan lembaga survei di Surabaya mengkategorikan happy baby yakni bayi tersenyum ketika bangun, tidak bangun lebih dari tiga kali permalam, dapat kembali tidur setelah popok diganti. Sementara yang tergolong unhappy baby adalah bayi menangis atau merengek saat bangun, terbangun lebih dari tiga kali permalam, susah tidur kembali setelah popok diganti.

Tidur berkualitas penting bagi bayi, karena pada waktu tidur inilah bayi mengeluarkan hormon pertumbuhan lebih banyak. Jika bayi atau anak terganggu waktu tidurnya pada malam hari dengan sering terbangun, hormon pertumbuhannya pun terhambat, dan bayi menjadi rewel dan cengeng.

Bayi yang mengalami gangguan tidur atau memiliki kualitas tidur yang buruk, juga berisiko terganggu kesehatannya. Tentunya kesehatan bayi juga dipengaruhi sejumlah faktor lainnya seperti asupan gizi.

Kualitas tidur buruk pada bayi dapat diukur dari seberapa sering bayi terbangun pada malam hari, apakah jumlah jam tidurnya sesuai dengan kebutuhan? Jika kebutuhan tidur berkualitas pada bayi ini tidak terpenuhi, bayi mengalami gangguan tidur yang memengaruhi pemulihan baik fisik, emosi dan kognitif (kecerdasan).

Lantas apa sebab bayi terbangun lebih sering pada malam hari, yang pada akhirnya mengganggu kualitas tidurnya? Masih menurut survei yang sama, 7 dari 10 bayi di Surabaya terbangun pada malam hari karena popoknya basah.

Popok kering membantu bayi tidur lebih nyaman, sehingga memiliki kualitas tidur yang jauh lebih baik. Sembilan dari 10 ibu di Surabaya sepakat mengenai hal ini. Hasil survei juga menunjukkan 8 dari 10 unhappy baby di Surabaya juga akan kembali tertidur setelah popoknya diganti. Pemilihan dan penggunaan popok yang baik dapat membantu bayi tidur lebih nyaman untuk menjaga kualitas tidur sehingga hormon pertumbuhan pun dapat dihasilkan lebih maksimal.

Mencari happy baby
Masih dalam rangkaian kegiatan mencari happy baby, Pampers mendatangkan aktor, presenter dan ayah tiga anak, Darius Sinathrya untuk mencari happy baby di Surabaya, 1-3 Mei 2012 lalu. Darius bersama Pampers mengunjungi tiga Posyandu, juga tujuh rumah keluarga sederhana, memberikan pelayanan seperti ganti popok gratis juga memfasilitasi ibu dan bayi berfoto bersama untuk berkesempatan memenangkan Happy Moment Contest.

Baik survei dan kunjungan mencari happy baby, merupakan satu rangkaian kegiatan menuju acara puncak, Pampers Happynesia Festival Surabaya bersama Donna Agnesia dan Darius Sinathrya, yang akan berlangsung pada 27 Mei 2012 di Parkir Timur Surabaya (Delta) Plaza.

Sumber: Pampers P&G

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com