Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Pastikan Sera adalah Proneka

Kompas.com - 20/05/2012, 14:03 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com — Keluarga memastikan bahwa  tenaga kerja Indonesia yang diidentifikasi bernama Sera adalah Proneka Wati. TKI tersebut diduga mengalami penganiayaan dan kekerasan seksual di Malaysia.

Suma (56) dan istrinya, Magdalena (54), memberi kepastian itu pada Minggu (20/5/2012) setelah bertemu dan menjenguk Proneka di Rumah Sakit Umum Daerah Soedarso.

"Kami kehilangan kontak dengannya sekitar tujuh tahun. Dia pergi waktu berumur 13 tahun. Kami terkena bujukan kerabat yang menjanjikan anak kami akan pulang dalam dua tahun dan bisa membangun rumah baru setelah pulang bekerja," tutur Suma.

Proneka ditemukan dua pekan lalu oleh masyarakat di Kota Pontianak. Proneka diturunkan oleh seseorang dari travel berpelat mobil Malaysia. TKI itu mengalami trauma berat diduga karena kekerasan seksual.

Berdasarkan paspor yang ada, TKI itu diidentifikasi bernama Sera, tetapi setelah ditelusuri, alamatnya di Kabupaten Kubu Raya palsu. Suma mengaku mereka berasal dari Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau.

Saat ini, Proneka belum bisa diajak komunikasi karena masih mengalami trauma berat sehingga belum bisa diperoleh informasi di mana sebenarnya dia bekerja dan siapa majikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com