Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiap Hari, 1.000 Mobil Bekas Terjual Lewat Internet

Kompas.com - 18/05/2012, 17:39 WIB
Orin Basuki

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekitar 1.000 mobil bekas dilaporkan terjual setiap hari melalui perdagangan via internet (online) dalam 11 bulan terakhir ini atau meningkat 80 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Kemudahan untuk mempertemukan penjual dan pembeli merupakan daya dorong yang menjadikan perdagangan mobil bekas di internet melonjak seperti demikian," kata Ichwan Sitorus, Manajer Komunikasi Tokobagus.com, situs jual-beli online, Jumat (18/5/2012), di Jakarta.

Menurut Ichwan, temuan itu merupakan hasil survei yang dilakukan Tokobagus dalam 11 bulan terakhir pada aktivitas jual-beli online di situs tersebut. Mobil bekas yang mendominasi penjualan di dunia maya di Indonesia terdiri atas berbagai jenis, seperti city car, sedan, pikap, dan  multipurpose vehicle.

"Penjualan mobil bekas di Indonesia ternyata meningkat pesat dalam 12 bulan terakhir. Itu terlihat dari survei yang secara reguler kami lakukan kepada para member (anggota). Hasil survei menunjukkan, dalam 11 bulan terakhir, penjualan mobil di Tokobagus.com tumbuh secara menakjubkan, hingga 80 persen," tuturnya.

Dari survei terungkap, pertumbuhan penjualan mobil di situs Tokobagus.com dikarenakan perubahan pada menu pencarian, yang lebih memudahkan pengunjung untuk menemukan dan membandingkan mobil tertentu dengan mudah dan cepat. Selain itu, faktor pasar mobil bekas memang semakin berkembang pesat di Indonesia. Hal itu menunjukkan bahwa perdagangan online atau e-commerce terbukti memiliki peran atau kontribusi yang besar pada pertumbuhan bisnis tersebut.

"Ini membuktikan kepercayaan masyarakat semakin tinggi terhadap transaksi di dunia online yang memang mudah dalam pengaplikasiannya," papar Ichwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com