Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suasana Kota Ambon Kembali Normal

Kompas.com - 16/05/2012, 17:44 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Pascabentrokan antarwarga Selasa (15/5/2012) pagi, situasi keamanan di Kota Ambon kembali normal.

Jalan-jalan kota khususnya di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Rijali yang sebelumnya sepi karena menjadi pusat bentrokan kini mulai ramai lagi. Bahkan warga kedua desa yang sebelumnya terlibat bentrok kini telah melintasi jalan tersebut seperti biasa.

Aktivitas warga yang semula terhenti, kini sudah normal kembali. Warga bahkan berbaur seperti biasa di pasar dan tempat tempat umum lainnya.

Meski sudah tidak ada kekhawatiran lagi di masyarakat, puluhan ratusan aparat keamanan dari TNI/Polri masih tetap bersiaga di kawasan Mardika dan Batu Merah.

Wakil Gubernur Maluku, Said Assagaf saat memberikan keterangan pers di Kawasan Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Rabu (16/5/2012) sore, menyatakan situasi Kota Ambon telah normal kembali sehingga warga tidak perlu khawatir.

"Coba anda lihat saja tidak ada apa-apa lagi, kondisinya sudah sangat kondusif pusat-pusat perekonomian berjalan seperti biasa," kata Assagaf.

Meskipun demikian ia tetap meminta warga agar tetap waspada dengan ulah provokator yang tidak menginginkan Kota Ambon damai.

"Setiap menjelang kegiatan nasional selalu saja terjadi hal-hal seperti ini. Saya kira masih ada provokator yang tidak ingin Maluku aman," sebutnya.

Ia juga mendesak pihak kepolisian daerah Maluku agar dapat mengusut dan memproses aktor intelektual di balik bentrok antarwarga kemarin.

"Saya minta Polda Maluku dapat bertindak tegas dalam mengungkap pelaku dan aktor di balik bentrokan yang terjadi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com