Menko Polhukam Minta Bentrok Ambon Ditangani

Kompas.com - 15/05/2012, 13:46 WIB
Penulis Hindra Liu
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto menyatakan telah memerintahkan aparat penegak hukum agar bentrokan massa di Ambon, Selasa (15/5/2012) subuh segera ditangani dengan baik.

Djoko mengakui bahwa tempat kejadian perkara (TKP) memang kerap terjadi konflik warga. "Tadi saya minta mereka mengumpulkan kembali para tokoh agama, tokoh adat, dan pimpinan daerah," kata Djoko di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa.

Bentrokan di Ambon terjadi saat warga sedang memperingati hari pahlawan nasional Thomas Matulessy alias Pattimura. Tak kurang 35 orang menderita luka-luka. Tak kurang 11 kendaraan roda dua juga dibakar.

Bentrokan bermula dari iring-iringan rombongan penari cakalele yang membawa obor Pattimura dari Negeri Batumerah. Sedianya, obor ini akan diserahkan secara estafet ke masyarakat Mardika. Namun tanpa diduga, terjadi keributan dengan warga yang sedang berdiri di tepi jalan.

Obor-obor bambu yang dibawa rombongan penari ini dilemparkan ke arah penonton mengakibatkan sejumlah orang mengalami luka bakar dan dalam sekejap mata sudah terjadi aksi saling lempar dengan batu dan benda keras lainnya.

Secara terpisah, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi meminta agar para tokoh di Ambon turut mendamaikan situasi. Mantan Gubernur Sumatera Barat ini juga meminta agar warga senantiasa menahan diri agar tak terjadi bentrokan.

"Kebebasan itu harus dimaknai sebagai sebuah kebaikan. Jangan memaknai kebebasan secara salah," kata Gamawan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.