Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perayaan Hari Pattimura Diwarnai Bentrok Antarwarga

Kompas.com - 15/05/2012, 06:51 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Perayaan Hari Ulang Tahun  Pattimura di Kota Ambon, Selasa (15/5/2012), diwarnai bentrokan antarwarga. Bentrokan terjadi sekitar pukul 06.10 WIT saat rombongan iring-iringan obor Pattimura dari Kawasan Batu Merah melintasi Kawasan Mardika Kota Ambon.

Akibat kejadian tersebut, perang batu antarwarga tak dapat dihindari. Warga bahkan ada yang terlihat membawa alat tajam, seperti parang dan panah. Akibat kejadian itu,  ratusan orang diperkirakan mengalami luka-luka akibat lemparan batu.

Polisi dan aparat TNI yang disiagakan untuk mengamankan HUT Pattimura bahkan kewalahan menghalau kedua kelompok warga. Sejumlah aparat yang mengamankan bentrokan tersebut tidak luput terkena lemparan batu.

Untuk mengantisipasi bentrokan agar tidak melebar menjadi besar, polisi bahkan mengeluarkan tembakan ke udara berulang-ulang  untuk menghalau massa yang saling berhadap-hadapan.

Hingga berita ini diturunkan, konsentrasi warga di perbatasan kedua desa bertetangga tersebut masih terjadi. Sementara itu aparat TNI dan polisi masih bersiaga di lokasi kejadian untuk mengamankan situasi.

Hingga kini belum ada keterangan secara resmi dari pihak kepolisian terkait penyebab terjadinya bentrokan tersebut. Namun, akibat kejadian itu, suasana Kota Ambon sempat mencekam. Jalan Jenderal Sudirman bahkan ditutup hingga kini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com