Kompas.com - 14/05/2012, 09:01 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

TERNATE, KOMPAS.com - Perhelatan budaya tahunan Festival Teluk Jailolo (FTJ) kembali digelar Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) kembali dihelat, Senin (14/5/2012) sore ini. Rencananya, genderang opening ceremony FTJ ditabuh sore ini oleh Gubernur Maluku Utara, Thaib Armayin.

Berlokasi di areal Pelabuhan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara masyarakat sekitar sudah memadatinya sejak Minggu (13/5/2012) malam. Kegiatan yang memasuki tahun ke 4 ini mengusung tema the Amazing of Golden Spice Island.

Berbagai potensi wisata bahari serta budaya termasuk wisata petualangan bakal mewarnai perhelatan ini. "FTJ tahun ini dikemas lebih spektakuler. Bahkan FTJ tahun ini dirancang memecahkan rekor muri bakar ikan yang saat ini dipegang Kota Surabaya. Surabaya sendiri mengoleksi rekor tempat bakar ikan sepanjang 5,2 kilo meter dengan jumlah ikan 8 ton, FTJ tahun ini menyiapkan tempat bakar ikan 6 kilometer, dengan jumlah ikan 10 ton," jelas Ketua Umum Festival Teluk Jailolo (FTJ) Abjan Sofya.

Rencananya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Mari Elka Pangestu dan Menteri Pemuda Olahraga RI Andy Mallaranggeng bakal hadir dalam event yang juga dihelat untuk meramaikan event berkelas Internasional, Sail Morotai 2012.

Sejumlah pejabat teras di dua kementerian ini juga dijadwalkan hadir. Selain itu, pejabat teras Provinsi dan Sembilan Kabupaten/Kota di Maluku Utara juga dijadwalkan ambil bagian. Para rektor pimpinan Bank, Perusahaan hingga para Sultan di jazirah Moloku Kie Raha juga meramaikan acara ini.

Festival Teluk Jailolo tahun ini diprediksi bakal menjadi FTJ yang paling ramai, karena disaat yang bersamaan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Halmahera Barat juga menjadi tuan rumah kegiatan level provinsi yakni Pekan Olahraga Pelajar Daerah dan Hari Kesatuan Gerak PKK Maluku Utara. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.