Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suntik Botox Efektif Atasi Migren

Kompas.com - 12/05/2012, 13:04 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Manfaat suntik botox untuk mengatasi migren sebenarnya sudah cukup lama dikenal. Namun para ahli masih terus melakukan kajian terhadap efektivitas suntikan yang pada awalnya dipakai untuk menyingkirkan kerutan pada kulit itu.

Dalam laporan terbarunya, para ilmuwan dari British National Institue for Health and Ckinical Excellence (NICE) merekomendasikan penggunaan suntik botox sebagai alternatif pengobatan sakit kepala sebelah atau migren. Jika tidak ada pihak yang keberatan, rencananya pengobatan akan segera tersedia di Britains National Health Service dalam beberapa bulan.

Profesor Carole Longson, direktur Pusat Teknologi Kesehatan Evaluasi di NICE, mengatakan migren kronis bisa mengurangi kualitas hidup seseorang.  "Kami sangat senang bahwa komite telah mampu merekomendasikan Botox sebagai terapi pencegahan bagi mereka orang dewasa yang sakit kepala tidak membaik meskipun sudah mencoba setidaknya tiga obat lain,"katanya.

Peneliti memerkirakan bahwa Botox dapat membantu mengatasi migrain dengan memblokir sinyal rasa sakit, serta dengan membuat otot rileks. Botox sendiri dipakai secara luas untuk mengatasi kelumpuhan otot parsial, karenanya suntikan ini efektif untuk mengatasi keriput, kejang, dan kekauan.

"Hal yang lucu tentang Botox dan migrain adalah bahwa hal itu bekerja pada jalur sensorik, dan apa yang dilakukannya tidak menyebabkan kelumpuhan otot tapi mengurangi lalu lintas sensorik yang datang dari kepala sampai ke kesadaran," jelas Dr.Giles Elrington dari National Migraine Center.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.