Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Harimau Pakai Kulit Sapi di Surabaya

Kompas.com - 11/05/2012, 11:09 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Melukis ternyata tidak hanya dapat dilakukan dengan menggunakan media kanvas dan cat. Lukisan juga dapat diproduksi dengan bahan kulit sapi atau kambing. Produk lukisan karya MD Dandy, sekilas memang sama dengan ratusan produk lukisan di arena Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) 2012 di Balai Pemuda Surabaya. Namun jika dicermati, produk pelukis asal Banyuwangi itu alas media lukisnya lebih tebal.

"Ketebalan yang dibutuhkan untuk lukisan adalah 1,5 milimeter. Berbeda dengan ketebalan kulit untuk bahan aksesoris seperti tas atau dompet , yang cukup 1,1 milimeter saja," kata Dandy di arena PSLI 2012, Jumat (11/5/2012).

Sebagai pengganti cat cair, pemilik Barakartika Fur Painting Banyuwangi ini menggunakan pigmen, yakni pewarna serbuk yang dicampuri dengan formula bahan kimia. Penggunaan bahan tersebut karena kulit sapi atau kambing adalah bahan anti minyak, thinner dan air.

Tema lukisan yang diusung Dandy sebagian besar berkarakter berbagai jenis binatang Harimau seperti African Tiger, Leopard, Cheeta, Jaguar dan Puma. "Harimau saja sudah memiliki beragam karakter," tuturnya.

Produk lukisan yang dibingkai dengan 2x2 meter kayu tersebut dilempar di arena PSLI 2012 dengan harga dari Rp 15-17 juta. "Lukisan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kecintaan pada binatang Harimau, sehingga mampu menekan perburuhan hewan yang dilindungi negera itu," tambahnya.

PSLI 2012 digelar sejak 4 Mei sampai 14 Mei mendatang di Balai Pemuda Surabaya. Event tahunan tersebut kali ini diramaikan sekitar 400 pelukis dari berbagai daerah di Indonesia yang akan memamerkan karya lukisan dengan beragam tema dan beragam aliran. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com