Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Kirim Dua Jet IL-76 dan Dua Heli BK-117

Kompas.com - 10/05/2012, 18:55 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com — Pemerintah Rusia mengirim tim penyelamat, dua jet IL-76, dan dua helikopter BK-117 untuk mengevakuasi para korban pesawat Sukhoi Superjet 100.

Demikian disampaikan Kementerian Informasi Rusia kepada jurnalis seperti dikutip rt.com, Kamis (10/5/2012).

Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev memerintahkan komisi khusus yang terdiri dari Kementerian Luar Negeri Rusia, Kementerian Industri Rusia, dan pabrik pesawat Sukhoi untuk menyelidiki insiden jatuhnya Sukhoi Superjet 100 di wilayah Jawa Barat, Indonesia, Rabu 10 Mei.

Komisi Penyelidikan Rusia membuka kasus kriminal yang kemungkinan terjadi terhadap keamanan pesawat Sukhoi.

"Para penyelidik akan menyelidiki prosedur persiapan penerbangan para kru pesawat dan kondisi teknis pesawat sebelum meninggalkan Rusia," kata juru bicara Komite Khusus Sukhoi, Vladimir Markin, kepada wartawan di Moskwa, Kamis.

Penyelidik juga akan menanyakan tanggung jawab staf teknik yang mempersiapkan pesawat sebelum mengudara dan karyawan perusahaan Sukhoi Civil Aircraft, yang memiliki hubungan dengan pembuatan pesawat dan persiapan operasi.

Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan para pakar penerbangan Indonesia akan mengambil bagian dalam penyelidikan jatuhnya pesawat Sukhoi, bekerja sama dengan ahli dari Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com