Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Provinsi Kapuas Raya Bisa Terbentuk Tahun 2016

Kompas.com - 08/05/2012, 16:08 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com — Kendati tidak masuk dalam pembahasan DPR tahun ini, pemekaran Provinsi Kapuas Raya dari Provinsi Kalimantan Barat ditargetkan bisa terealisasi tahun 2016. Provinsi Kapuas Raya sudah masuk rencana besar pemekaran daerah 2010-2025.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat Moses Tabah, Selasa (8/5/2012), mengatakan, semua syarat pembentukan daerah otonom baru untuk Provinsi Kapuas Raya sudah diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri.

"Usulan dan berkas pembentukan daerah otonom baru itu sudah diserahkan sebelum terbitnya PP No 78/2007 sehingga tidak ada masalah dengan syaratnya. Pembentukan daerah otonom baru itu kewenangan pemerintah bersama DPR sehingga saat ini kami hanya tinggal menunggu persetujuan pemerintah dan DPR saja," kata Moses.

Salah satu pertimbangan Provinsi Kapuas Raya baru bisa terbentuk pada tahun 2016 adalah masalah finansial. Saat ini, rasio Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dibandingkan dengan belanja pegawai belum memungkinkan ada daerah pemekaran baru dari Provinsi Kalimantan Barat.

Anggaran untuk pembangunan daerah otonom baru masih terlalu kecil jika APBD dikurangi belanja pegawai. Provinsi Kapuas Raya merupakan gabungan lima kabupaten di wilayah timur Kalimantan Barat, yakni Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi, dan Kapuas Hulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com