Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UN, Semua Siswa SDK I Magelang Masuk Karantina

Kompas.com - 07/05/2012, 14:46 WIB
Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Setiap sekolah memiliki cara sendiri agar peserta didiknya bisa sukses menghadapi Ujian Nasional (UN). Di SD Kristen 1 Kota Magelang misalnya, pihak sekolah sengaja mengarantina siswa-siswa kelas enam selama mengikuti UN.

"Para peserta ujian diwajibkan menginap di sekolah selama 3 hari," kata Lili, wali kelas enam SD Kristen 1 Kota Magelang, Senin (7/5/2012).

Sebanyak 23 siswa sudah mulai menempati ruang karantina di sekolah tersebut sejak Minggu sore (6/5/2012). Selama dikarantina para siswa diwajibkan mengikuti rangkaian kegiatan yang telah dibuat oleh pihak sekolah. Antara lain pembahasan pelajaran yang akan diujikan, kegiatan keagamaan, serta olah raga bersama.

Sekolah juga menyediakan akomodasi kebutuhan siswa selama karantina, seperti makan, minum serta camilan. "Dis ini peserta juga dilatih disiplin, tidak seperti di rumah sendiri, pagi jam 04.30 harus sudah bangun, mengikuti kegiatan olahraga dan dilanjutkan sarapan pagi. Lantas, jam 21.00 mereka harus sudah tidur," paparnya.

Dengan cara tersebut diharapkan para siswa bisa fokus belajar. Selain itu, pihak sekolah juga bisa mengetahui langsung kesulitan atau permasalahan yang dihadapi oleh setiap siswa.

Pelaksanaan UN tingkat SD sederajat di Kota Magelang diikuti oleh 2456 siswa dari 79 sekolah. UN SD akan berlangsung selama 3 hari mulai 7-9 Mei 2012. Adapun mata pelajaran diujikan antara lain Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sedangkan ujian susulan akan dilaksanakan pada 14 Mei 2012 mendatang.

Secara umum pelaksanaan UN SD hari pertama di Kota Magelang berjalan lancar, tidak ada laporan adanya hambatan atau peserta yang gagal mengikuti UN. "Hanya ada seorang peserta yang sakit typus namun tetap bisa mengikuti ujian," ujar Suprayitno, Kasi Pengembangan Pedidikan Dasar Disdik Kota Magelang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com